Kamis, 03 Desember 2009

Alpukat

Alpukat

Tertarik akan sebuah artikel tentang alpukat, saya mencoba untuk berbagi kepada anda artikel tersebut dengan mengadukan dari berbagai sumber.

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martin Fernandez de Enciso salah seorang pemimpin pasukan Spanyol tahun 1519 kepada orang Eropa.

Manfaat Alpukat

Selain digunakan membuat juice, buah Pohon alpukat memiliki kesamaan dengan pohon Kelapa. Hampir disetiap bagian pohonnya memiliki manfaat yang bisa digunakan. Kayu pohon alpukat bisa digunakan sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industry pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan sebagai bahan pewarna coklat pada produk yang berbahan dasar kulit.

Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah dapat membuat kulit lebih kencang. Selain itu, buah alpukat dapat juga digunakan dalam perawatan rambut, misalnya sewaktu melakukan creambath.

Alpukat memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Alpukat mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Selain itu, alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Lemak yang terkandung dalam buah alpukat memiliki kesamaan dengan lemak yang ada pada minyak zaitun. Lemak pada buah alpukat merupakan lemak tak jenuh yang memiliki manfaat yang positif bagi tubuh.

Beberapa manfaat kandungan dari buah alpukat

Vitamin E dan Vitamin A

Vitamin E terkenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Kombinasi dari Vitamin E dan A sangat berguna dalam perawatan kulit, yang dapat membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

Lemak Tak Jenuh

Di dalam buah alpukat ada lemak nabati tak jenuh yang tinggi. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker, atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada buah alpukat dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Mineral Mangan dan Seng

Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Zat Besi dan Tembaga

Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

Vitamin B6

Vitamin ini bermanfaat untuk meredakan sindrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

Potasium atau Kalium

Potassium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

Asam Oleat

Asam Oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat . . . ^^

Di kutip dari berbagai Sumber

0 komentar:

Posting Komentar