Minggu, 17 Januari 2010

Profil Farmakologi

Profil Farmakologi
Farmakologi merupakan ilmu yang digunakan agar dapat menggunakan obat untuk maksud pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit.
Farmakologi mencakup pengetahuan tentang :
a. Sejarah Obat
Pada mulanya, penggunaan obat dilakukan secara empiric dari tumbuhan, (1541 SM – 1037). (1620 – 1695) dilakukan verifikasi efek farmakologi dan toksikologi obat pada hewan percobaan. Untuk menjamin tersedianya obat agar tidak tergantung kepada musim maka tumbuhan obat diawetkan dengan pengawet ringan. Pengembangan obat diawali dengan sintesis atau isolasi dari berbagai sumber yaitu tanaman, jaringan hewan, kultur mikroba, urin manusia, dan teknik bioteknologi yang menghasilkan insulin.
b. Sifat Fisika dan Kimia Obat
Dasar penting untuk menjelaskan aktifitas biologis obat, oleh karena :
o Memegang peranan penting dalam transport obat untuk mencapai reseptor
o (hipofilik, elektronik) berperan dalam proses absorpsi dan distribusi obat, sehingga kadar obat pada waktu mencapai reseptor cukup besar.
o Mempunyai struktur dengan spesifitas tinggi saja yang dapat berinteraksi dengan reseptor biologis (sterik, elektronik) yang berperan dalam menunjang orientasi spesifik molekul pada permukaan reseptor.
c. Kontra Indikasi
Kondisi dimana obat tersebut sebaiknya tidak digunakan karena dapat berbahaya
d. Indikasi
Kegunaan dan peruntukan obat (fungsi obat tersebut)
e. Dosis
Ukuran takaran obat yang digunakan
f. Efek Samping
Obat yang memiliki efek utama ( efek farmakologi ) pasti mempunyai efek samping yang tidak diinginkan. Jadi kita harus teliti dalam menganamnesa sebelum pemberian obat.
g. Toksisitas
Tingkat bahaya racun suatu obat
h. Waktu Paruh
waktu yang diperlukan oleh suatu obat sampai kadarnya setengah dari dosis yang diberikan. Berguna untuk menentukan periode pemberian obat dalam sehari.
i. Komposisi
Berapa banyak bagian unsure tersebut dalam senyawa kimia yang terdapat pada obat.

0 komentar:

Posting Komentar