Jumat, 27 November 2009

Tulang Kartilago

Tulang rawan bukan Os. Cartilago.... Tulang rawan atau Tulang Cartilago... tulang yang unik bukan teman teman...hhehe...^^

Bagian tulang cartilage
Cartilage mengandung campuran glikosaminoglikan denga protein kenyal seperti karet pada substrat dasarnya yang memberikan karakter serupa plastic pada jaringan. Sebagian besar cartilage yang terbentuk dalam tubuh diganti tulang.


Tulang cartilage atau tulang rawan ada 3 tipe :


1.
Cartilage Hyalin
Terdapat pada area yang membutuhkan sokongan kuat, tetapi flexybelitas juga diperlukan. Kondrosit pada sel kartilago yang telah masuk mengisi ruang-ruang kecil dalam matriks yang jernih dan tampak seperti kaca. Perikondiumnya membrane jaringan ikat rapat yang tervaskularisasi dengan baik disekitar kartilago hyaline. Sel perikondium yang berbatasan dengan cartilage dapat berdifusi menjadi kondroblast dan kondrosit untuk membentuk cartilage baru.

2.
Fibro Cartilage
Terdapat pada lokasi yang lebih memerlukan sokongan atau daya regang yang lebih kuat daripada yang dapat diberikan cartilage hyaline. Fibro cartilage menyatukan tulang pada persendian yang gerakannya terbatas. Contohnya, tulang pada tengkorak kepala, symphisis pubis, discus intervertebral. Struktur kondrositnya sering terbentuk dalam kelompok atau barisan diantara sejumlah berkas serat kolagen.

3.
Cartilage Elastic
Memiliki serat elastic utama. Hal ini memungkinkan kekakuan cartilage, tetapi tidak elastisitas dalam pergerakan. Terbentuk pada bagian telinga externa, epiglottis, dan beberapa cartilage laryng.


semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar